Lokakarya 6 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Karangasem
- Pembukaan
- Berbagai Tujuan Program Sekolah
- Membuat Rencana Program Sekolah
- Dimana Saya Sekarang ?
- Ambil Pelajaran, Lakukan Perbaikan
- Rencana Penguatan Kompetensi Diri
- Tindak Lanjut dan Penutup
Peserta
Untuk kelas E, ada tiga pengajar praktik yang terlibat di dalamnya, yaitu Ni Kadek Dwiyana Astriani, Ni Wayan Novi Sabtiniari, dan I Made Adi Ismaya, dengan CGP sebanyak 13 orang ⟮2 orang tidak hadir⟯, yaitu sebagai berikut.I Gusti Nyoman Dana Arsana ⟮SDN 4 Bugbug⟯
I Komang Agus Darma Yasa ⟮SDN 5 Bugbug⟯
Olyn Suyanti Darmada ⟮SDN 3 Rendang⟯
Ni Nyoman Sri Murniasih ⟮SDN 2 Ngis⟯
Ida Ayu Nyoman Okayani ⟮SMPN 3 Rendang⟯
Ni Kadek Ari Astuti ⟮SMA Negeri 1 Abang⟯
Ni Made Sriarti ⟮SMKN 1 Abang⟯-Tidak Hadir
Komang Agus Sutrisna ⟮SDN 2 Tenganan⟯
Dewa Gede Suparta ⟮SDN 3 Baturinggit⟯
NI LUH AYUNINGTIAS DAMAYANTI ⟮SMKN 1 Amlapura⟯
Kadek Dwi Handayani ⟮SMKN 1 Abang⟯
Ida Ayu Putu Maheni ⟮SMKN 1 Abang⟯
Ida Ayu Karnita Utami Pidada ⟮SMKN 1 Abang⟯-Tidak Hadir
I Made Ardana ⟮SDN 5 Tenganan⟯
Ni Kadek Ririn Susanti ⟮SMPN 3 Rendang⟯
⟮⟯
Aktivitas Pembelajaran
Pembukaan dilakukan dengan memberi sapaan hangat dan bersemangat kepada peserta, dilanjutkan dengan ice breaking. Ice breaking digunakan di awal untuk membuat koneksi antar Calon Guru Penggerak, pemandu yang membawakan kegiatan, ataupun dengan kegiatan yang dilaksanakan. Pengajar Praktik membacakan tujuan dan agenda belajar lokakarya 6. Dilanjutkan dengan membuat kesepakatan kelas.
Sesi berikutnya adalah Berbagi Tujuan Program Sekolah. CGP membuat visualisasi tujuan program sekolah dalam kertas plano selama kira-kira 30 menit. Selanjutnya PP memberikan waktu kepada masing-masing calon guru penggerak untuk berbagi ke rekan yang lainnya selama 5 menit. Terjadi interaksi antar CGP dalam berbagi dan menerima masukan atas tujuan sekolah yang digambarkan.
Setelah saling berbagi mimpi dan tujuan program pengembangan sekolah masing-masing dalam kurun waktu satu tahun ke depan, CGP diajak menyusun rencana bagaimana agar tujuan yang disusun bisa tercapai. CGP membuat rancangan program dalam power point presentation maksimal sembilan slide sesuai panduan yang disediakan. Dalam membuat rencana program, CGP saling membantu dan berbagi pandangan mengenai program yang disusun.
Kegiatan berikutnya adalah sesi “Dimana Saya Sekarang?”, yang bertujuan Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang dapat mendukung program sekolah yang sudah direncanakan. Melalui pengerjaan lembar kerja, CGP mengidentifikasi apa kompetensi yang menjadi kekuatan diri CGP untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah dan kompetensi yang masih perlu dikuatkan untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah. Pengisian LK ini dilaksanakan selama 30 menit, dilanjutkan dengan berbagi cerita posisi diri selama 15 menit.Agenda “Ambil Pelajaran, Lakukan Perbaikan!” dilakukan agar peserta dapat memetik pembelajaran dari upaya peningkatan kompetensi guru yang selama ini dilakukan. PP memberikan pengantar berupa siklus rencana, aksi, dan refleksi. CGP menyimak tiga pertanyaan kunci, yaitu 1. Apa praktik baik yang sudah dilakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi guru penggerak? 2. Apa yang masih menjadi tantangan untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak?” 3. Apa perbaikan yang bisa dilakukan ke depannya untuk mengatasi tantangan dan meningkatkan kompetensi?. CGP menuliskan jawabannya pada kertas pos-it, kemudian menempel pada papan yang disediakan. Selanjutnya, PP membacakan salah satu hasil refleksi CGP, dan meminta CGP menjelaskan yang dituliskannya.
Untuk merumuskan rencana penguatan kompetensi diri yang mendukung program sekolah, CGP melaksanakan pengisian lembar kerja selama 50 menit. Dalam pengisian LK ini, CGP berdiskusi dan bertukar pendapat dengan rekannya.
Untuk menutup lokakarya 6, PP meminta CGP menuliskan pembelajaran yang didapat. Perwakilan CGP dari kelompok PP diminta menyampaikan refleksinya di depan kelas. PP memberikan penguatan dan hal-hal yang harus disiapkan dalam lokakarya 7. Sesi diakhiri dengan foto bersama.
Produk yang Dihasilkan
Produk yang dilhasilkan dalam Lokakarya 6 adalah:- Rencana kerja pengembangan program sekolah yaitu tahapan J ⟮Jabarkan Rencana⟯ dan A ⟮Atur Eksekusi⟯ pada BAGJA
- Hasil identifikasi kekuatan diri
- Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.
Ketercapaian Tujuan Belajar
Dilihat dari proses yang telah diikuti, antusiasme peserta, praktik yang dilakukan, produk yang dihasilkan oleh CGP, dan refleksi CGP, maka tujuan belajar pada tiap sesi telah dapat dicapai oleh CGP.Simpulan dan Refleksi Pembelajaran
Simpulan kegiatan lokakarya 6 ini adalah CGP mampu menyusun rencana tindak lanjut berdasarkan tahapan BUat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, dan Gali Mimpi, menyusun strategi pelibatan aktor, dan membuat rencana program.
Berdasarkan hasil pengamatan selama lokakarya 6, CGP mengikuti semua sesi dengan antusias. CGP menujukkan kesungguhan dalam mengikuti lokakarya 6 ini. Di samping itu, CGP mengikutinya dengan semangat dan riang gembira. Pengajar praktik juga mendapat pembelajaran dalam memfasilitasi lokakarya 6 ini, antara lain dalam memandu diskusi penyusunan kesepakatan kelas, memandu diskusi menyusun rencana tindak lanjut berdasarkan tahapan Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, dan Gali Mimpi, memandu diskusi menyusun strategi pelibatan aktor, dan dan mendampingi CGP membuat rencana program, serta memandu refleksi akhir. Pengajar praktik menyadari bahwa CGP merupakan pribadi yang unik, memiliki bakat dan kelebihannya masing-masing, sehingga dalam pendampingan memerlukan strategi yang berbeda-beda.
Hal yang sudah berjalan dengan baik dalam lokakarya 6 ini adalah pembagian peran antar PP, antusiasme CGP dalam mengikuti tiap sesi, kesiapan CGP mengikuti lokakarya, dan kolaborasi CGP dalam praktik coaching. Adapun hal yang masih perlu ditingkatkan adalah manajemen waktu dalam memandu aktivitas CGP, sehingga sesuai dengan buku panduan lokakarya.
Post a Comment for "Lokakarya 6 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Karangasem"