Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokakarya 2 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11

 

Lokakarya 2 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11
Lokakarya 2 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2024, bertempat di SMAN 2 Amlapura. Kegiatan ini dihadiri oleh calon guru penggerak dan pengajar praktik. 

Agenda kegiatan dalam Lokakarya 1 ini adalah sebagai berikut.

  1. Pembukaan
  2. Presentasi dan Umpan Balik Perkembangan Aksi Nyata 1.3
  3. Presentasi dan Umpan Balik Rencana Aksi Nyata modul 1.4
  4. Reviu singkat Keyakinan Kelas dan Segitiga Restitusi
  5. Latihan membuat Keyakinan Kelas
  6. Praktik Segitiga Restitusi
  7. Penutupan

Peserta

Untuk kelas E, ada tiga pengajar praktik yang terlibat di dalamnya, yaitu Ni Kadek Dwiyana Astriani, Ni Wayan Novi Sabtiniari, dan I Made Adi Ismaya, dengan CGP sebanyak 14 orang yaitu sebagai berikut.
  1. I Gusti Nyoman Dana Arsana ⟨SDN 4 Bugbug⟩
  2. I Komang Agus Darma Yasa ⟨SDN 5 Bugbug⟩
  3. Olyn Suyanti Darmada ⟨SDN 3 Rendang⟩
  4. Ni Nyoman Sri Murniasih ⟨SDN 2 Ngis⟩
  5. Ida Ayu Nyoman Okayani ⟨SMPN 3 Rendang⟩
  6. Dewa Gede Suparta ⟨SDN 3 Baturinggit⟩
  7. Ni Kadek Ari Astuti ⟨SMA Negeri 1 Abang⟩
  8. Ni Made Sriarti ⟨SMKN 1 Abang⟩
  9. Komang Agus Sutrisna ⟨SDN 2 Tenganan⟩
  10. NI LUH AYUNINGTIAS DAMAYANTI ⟨SMKN 1 Amlapura⟩
  11. Kadek Dwi Handayani ⟨SMKN 1 Abang⟩
  12. Ida Ayu Putu Maheni ⟨SMKN 1 Abang⟩
  13. Ida Ayu Karnita Utami Pidada ⟨SMKN 1 Abang⟩
  14. I Made Ardana ⟨SDN 5 Tenganan⟩
Satu orang CGP, yaitu Ni Kadek Ririn Susanti ⟨SMPN 3 Rendang⟩ tidak menghadiri kegiatan karena mertuanya meninggal.

Aktivitas Pembelajaran

Pembukaan dilakukan dengan memberi sapaan hangat kepada peserta, dilanjutkan dengan ice breaking ‘tembak nama’. Ice breaking digunakan di awal untuk membuat koneksi antar Calon Guru Penggerak, pemandu yang membawakan kegiatan, ataupun dengan kegiatan yang dilaksanakan. Pengajar Praktik membacakan tujuan dan agenda belajar lokakarya 2. Dilanjutkan dengan membuat kesepakatan kelas.

Pada kegiatan Presentasi Perkembangan dan Umpan Balik Prakarsa Perubahan Level Diri ⟨aksi nyata 1.3⟩, PP membagi CGP menjadi tiga kelompok. Setiap CGP diberi kesempatan untuk melakukan presentasi Visi dan Prakarsa perubahan yang telah disusun pada modul 1.3. Waktu untuk setiap CGP adalag 10 menit presentasi dan 10 menit tanya jawab. Setelah semua CGP melakukan presentasi dan menerima umpan balik dari sesame CGP, PP menutup sesi dengan memberikan penguatan.


Sesi berikutnya adalah Presentasi dan Umpan Balik Rencana Penyampaian Penerapan Disiplin Positif ⟨Aksi Nyata 1.4⟩. Pada kegiatan ini, CGP diberi kesempatan untuk menuliskan rencana masing-masing pada lembar kerja, selama 10 menit. Setelah 10 menit, semua CGP menempelkan lembar kerjanya di tembok. CGP lain memberikan masukan, saran, maupun pertanyaan pada kertas post-it untuk tiap lembar kerja CGP yang dilihat. Pengajar praktik ⟨dalam kelas pleno⟩ mengumumkan bahwa Calon Guru Penggerak bisa memperbaharui rencana, mengonfirmasi masukan ataupun pertanyaan yang diberikan oleh CGP lain.


Sesi setelah istirahat adalah Reviu Singkat Materi Keyakinan Kelas dan Segitiga Restitusi, dilakukan secara pleno melalui pertanyaan-pertanyaan dalam slide. PP memberikan penguatan atas materi-materi yang masih membuat CGP kebingungan. PP juga memberikan kesempatan kepada CGP untuk berpendapat.

Pada sesi Praktik Keyakinan Kelas, CGP secara berkelompok bergiliran menjadi pemandi diskusi membuat keyakinan kelas. CGP dapat memilih bagian mana yang akan dipandu. Saat satu CGP menjadi pemandu, CGP lain berperan sebagai siswa. CGP malakukan permainan peran sebagai guru atau siswa secara bergiliran.

Sesi terakhir sebelum penutupan adalah Praktik Segitiga Restitusi. CGP dikelompokkan dalam tiga orang. Tiap kelompok akan mempraktikkan kasus yang diberikan, dengan pembagian peran sebagai guru, siswa, dan pengamat. Tiap putaran diberikan waktu kira-kira 15 menit. Setelah satu kasus selesai dipraktikkan, mereka bertukar peran dengan kasus yang baru. Demikian seterusnya sehingga semua CGP mendapat kesempatan menjadi guru, siswa, dan pengamat.

Kegiatan penutupan diisi dengan melakukan refleksi dari CGP. Hal yang direfleksi adalah: (1) Hal baik apa yang sudah dilakukan di hari ini?, (2) Hal apa yang bisa ditingkatkan ke depannya? dan (3) Hal apa yang dipelajari hari ini?. CGP menuliskannya pada kertas post-it berbeda warna, kemudian menempelkannya di kertas plano. PP memberikan penguatan kepada CGP atas capaian belajar pada lokakarya 2 ini. Sesi ini ditutup dengan foto bersama.

Produk yang Dihasilkan

Produk yang dilhasilkan dalam Kolakarya 1 adalah:
  1. Lembar Kerja Rencana Penyampaian Penerapan Disiplin Positif
  2. Keyakinan Kelas

Ketercapaian Tujuan Belajar

Dilihat dari proses yang telah diikuti, antusiasme peserta, kolaborasi yang dilakukan, produk yang dihasilkan oleh CGP, dan presentasi CGP, maka tujuan belajar pada tiap sesi telah dapat dicapai oleh CGP.

Simpulan dan Refleksi Pembelajaran

Simpulan kegiatan lokakarya 2 ini adalah CGP memperoleh umpan balik atas visi dan Prakarsa perubahan yang disusunnya. CGP memperoleh umpan balik atas rencana penyampaian penerapan disiplin positif yang disusunnya. CGP juga menguatkan keterampilannya dalam memandu diskusi merumuskan keyakinan kelas dan mempraktikkan segitiga restitusi.

Berdasarkan hasil pengamatan selama lokakarya 2, CGP mengikuti semua sesi dengan antusias. CGP menujukkan kesungguhan dalam mengikuti lokakarya 2 ini. Di samping itu, CGP mengikutinya dengan semangat dan riang gembira. Pengajar praktik juga mendapat pembelajaran dalam memfasilitasi lokakarya 2 ini, antara lain dalam memandu diskusi penyusunan kesepakatan kelas, memberikan umpan balik atas visi, prakarsa perubahan, dan rencana penyampaian penerapan disiplin positif CGP, memandu praktik keyakinan kelas, dan memandu praktik segitiga restitusi. Pengajar praktik menyadari bahwa CGP merupakan pribadi yang unik, memiliki bakat dan kelebihannya masing-masing, sehingga dalam pendampingan memerlukan strategi yang berbeda-beda.

Dokumentasi Kegiatan

PP memberikan paparan tujuan lokakarya

PP menyampaikan agenda belajar

Peserta melakukan game

Presentasi dan umpan balik visi dan Prakarsa perubahan
Memberi umpan balik rencana penyampaian penerapan disiplin positif

PP mendampingi CGP dalam memberi umpan balik atas rencana yang disusun
PP mereviu keyakinan kelas
PP mereviu segitiga restitusi
Praktik Keyakinan Kelas
Praktik Segitiga Restitusi
Refleksi peserta
Foto bersama

Post a Comment for "Lokakarya 2 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11"