Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mulai dari Diri-Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

Mulai dari Diri-Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Pada pembelajaran pertama di modul 3.2 ini, CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang materi kali ini.

Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut?

Hal yang paling saya ingat dari sosok pemimpin tersebut adalah bagaimana melaksanakan proses pendidikan di tengah keterbatasan sarana, prasarana, biaya, dan tenaga. Beliau melakukan berbagai inovasi, mengoptimalkan sumber daya yang ada, meminjam sarana  dan prasarana milik sekolah lain, dan rela bekerja lebih untuk pengembangan murid.

Setelah mengingat sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?

Sosok pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mampu menjadi panutan, memiliki visi, memberikan kesempatan kepada anggota organisasi untuk berkembang, dan dapat mengembangkan organisasi dengan optimal sesuai potensi yang dimiliki. Pemimpin yang idela sesuai dengan filosofi pendidikan KHD, yaitu dapat diteladani, bisa menggerakkan, dan memberikan dorongan, tuntunan kepada orang yang dipimpinnya.

Tugas pemimpin adalah memastikan organisasi yang dipimpin memiliki perencanaan, melakukan pembagian tugas, memastikan tugas telah dilaksanakan sesuai rencana, mengevaluasi, dan memberikan penghargaan.

Masih ingatkah kita apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu?  Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah ini.

Dalam pelajaran biologi, ekosistem diartikan sebagai suatu proses yang terjadi karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan benda tak hidup di lingkungannya. Dalam konteks ekosistem sekolah, terjadi hubungan timbal balik antara sumber daya manusia dengan sarana-prasarana dan lingkungan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa sumber daya manusia ⟮pemimpin dan bawahan), siswa, komite sekolah sarana-prasarana ⟮Gedung, laboratorium,perpustakaan, buku, peralatan lab, ruang kelas), dan biaya. Faktor eksternal berupa orang tua siswa, masyarakat, organisasi lain, dan lingkungan sekitar.

Apa yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah?  Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?

Peran seorang pemimpin dalam pengelolaan suber daya sekolah adalah mengidentifikasi kekuatan yang dimiliki, memetakan potensi yang dimiliki, dan menggunakan kekuatan dan potensi yang dimiliki untuk mengembangkan potensi murid dengan optimal.

Sumber daya yang dimiliki sekolah adalah guru, tenaga kependidikan, komite sekolah, industri mitra sekolah, sarana-prasarana, siswa, dan dana.

Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.

Posisi saya dalam ekosistem sekolah adalah terlibat aktif dalam pengembangan potensi murid, memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki untuk kemajuan murid, membangun hubungan baik dengan pimpinan, komite sekolah, guru lain, tenaga kependidikan, dan murid, serta memberikan pengaruh positif dalam pengembangan sekolah.

Kekuatan yang saya miliki adalah mampu menggunakan sumber daya secara optimal untuk mengembangkan potensi murid dan mampu memunculkan ide-ide pengadaan dan pemanfaatan sumber daya. Kelemahan yang saya miliki adalah dalam menggerakkan organisasi sekolah dalam pemanfaatan sumber daya, belum bisa bergerak secara sinergi dengan semua komponen, karena tiap idividu memiliki arah, kecepatan, dan momentum yang berbeda-beda.

Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Diri sendiri: mampu memetakan potensi sekolah, menganalisis kekuatan dan aset sekolah, dan membuat program yang memanfaatkan potensi dan aset sekolah dengan optimal.

Murid: mampu memanfaatkan aset sekolah untuk mengembangkan potensi diri dengan optimal.

Sekolah: mampu mengelola aset, potensi, dan kekuatan yang dimiliki untuk mengembangkan murid dengan optimal.

Apa saja kegiatan. Materi, manfaat, yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Materi yang diharapkan dalam modul ini adalah cara memetakan aset dan potensi sekolah, strategi menganalisis kekuatan sekolah untuk mengembangkan potensi murid, cara menyusun program yang memanfaatkan aset sekolah dengan optimal yang berdampak pada murid. Kegiatan belajar yang diharapkan adalah mengamati video, belajar secara mandiri, dan berkolaborasi dengan CGP lain, diskusi, dan presentasi.

Post a Comment for "Mulai dari Diri-Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"