Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksplorasi Konsep-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid-Suara, Pilihan, dan Kepemilikan

Eksplorasi Konsep-Pengelolaan Program yang berdampak pada Murid-Suara, Pilihan, dan Kepemilikan

Pembelajaran Eksplorasi Konsep dilaksanakan dengan tujuan CGP menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila, CGP menunjukkan pemahaman apa yang dimaksud dengan suara ⟮voice), pilihan ⟮choice) dan kepemilikan ⟮ownership) murid, dan CGP menemukenali dan menganalisis elemen pilihan, kepemilikan, dan suara dalam beberapa contoh program/kegiatan pembelajaran yang dilakukan di  sekolah.

Berikut ini bahan ajar tentang Kepemimpinan Murid, serta Suara, Pilihan, dan Kepemilikan Murid.


Video situasi 7:

Analisis setiap situasi berdasarkan sudut pandang Suara, Pilihan, dan Kepemilikan Murid. Detail setiap situasi dapat dilihat pada bahan ajar dan video di atas.

Situasi 1.

Kegiatan yang dilakukan termasuk kegiatan ekstrakurikuler, karena dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.

Suara: Setiap kelompok mendiskusikan dan menggambar layout kelas, setiap kelompok menjelaskan layout kelas kelompok mereka, meminta murid menyampaikan masukan atas layout yang diterapkan.

Pilihan: meminta murid untuk bekerja kelompok merancang layout kelas, memutuskan untuk memilih layout yang akan dipergunakan.

Kepemilikan: Menghargai pilihan murid, mengajak murid merefleksi, layout kelas diubah sesuai hasil refleksi murid.

Situasi 2

Kegiatan yang dilakukan adalah intrakurikuler dan kokurikuler, karena kegiatan ini adalah bagian dari mata pelajaran utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Juga termasuk kokurikuler karena dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler.

Suara: mengajak murid menemukan berbagai contoh pesawat sederhana yang ada atau digunakan di sekolah, proyek merancang sebuah model alat pesawat sederhana, memberikan kesempatan murid mengemukakan ide, rencana, inovasi penerapan pesawat sederhana di lingkungan sekitar.

Pilihan: Melakukan diskusi kelompok, Memberikan kebebasan merancang pesawat sederhana, memberika tantangan menemukan implementasi pesawat sederhana.

Kepemilikan: proyek merancang sebuah model alat, yang mengaplikasikan konsep-konsep terkait  pesawat sederhana, merefleksi pembelajaran, memberikan kesempatan murid untuk mempresentasikan rekomendasi perbaikan sarana balok start kolam renang.

Situasi 3

Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan intrakurikuler karena kegiatan ini adalah bagian dari mata pelajaran utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. . 

Suara: Mengakomodasi pilihan aktivitas yang dibuat sendiri oleh murid bersama orang tua, Murid menyampaikan ide untuk choice board berikutnya.

Pilihan: Memberikan pilihan murid untuk memilih aktivitas yang disukai.

Kepemilikan: Memberikan kesempatan murid melakukan refleksi, mengakomodasi ide-ide murid

Situasi 4

Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan ekstrakurikuler, karena dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid. 

Suara: Murid menyampaikan perasaan, refleksi, dan umpan balik terhadap pembelajaran, Murid menyampaikan gagasan kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dirancang. 

Pilihan: Berdiskusi tentang kegiatan ekstrakurikuler, Murid memberikan solusi atas kesulitan pembina ekstrakurikuler.

Kepemilikan: Memberikan kesempatan OSIS untuk mempromosikan kegiatan yang dirancang, Memberikan kesempatan murid untuk menjadi pelatih ekstrakurikuler

Situasi 5

Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler karena dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid. 

Suara: Murid mengidentifikasi potensi pakan ternak di lingkungan sekolah. 

Pilihan: Memberikan murid memillih langkah kegiatan yang dilakukan untuk uji coba pakan ternak.

Kepemilikan: Murid menawarkan solusi atas masalah yang ditemui, Memberikan kesempatan murid untuk membagikan hasil penelitiannnya di TV, Memberikan kesempatan murid untuk mengerjakan proyek produksi daging ayam broiler.

Situasi 6

Kegiatan yang dilakukan di atas termasuk kegiatan ekstrakurikuler, karena dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.

Suara: Murid menyampaikan gagasan untuk membuat mesin parut kelapa sederhana memanfaatkan barang bekas yang ada di sekolah, murid berinisiasi untuk bekerja bersama dengan beberapa murid, menyampaikan ide-ide dan mencari berbagai alternatif solusi agar mesin itu bisa bekerja dengan efektif dan efisien.

Pilihan: Bu Sri memberikan kesempatan pada murid untuk mencari solusi permasalahan tersebut, Bu Sri meminta mereka mencari tahu dan mempelajari tentang cara kerja mesin parut yang sederhana. 

Kepemilikan: Ketua RT meminta murid berbagi keterampilan membuat mesin pemarut kelapa sederhana kepada Karang Taruna, sekolah memberikan kesempatan lagi kepada murid-murid untuk mendiskusikan dan mempersiapkan kegiatan berbagi keterampilan.

Situasi 7

Kegiatan ini termasuk kegiatan intrakurikuler, karena dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. 

Suara: Murid diberikan kebebasan memilih peran, Murid menyiapkan barang yang akan  dijual sesuai minat dan bakatnya, Murid bebas bertransaksi sesuai nilai uang yang dimiliki.

Pilihan: Murid diberikan memilih peran yang disukai, Murid bebas memilih bertransaksi yang diinginkan.

Kepemilikan: Menghargai hasil karya murid dengan memajang di pasar, Murid memiliki keunikan tersendiri yang dihargai oleh sekolah.

Demikian analisis situasi yang disajikan dalam bahan ajar.

Post a Comment for "Eksplorasi Konsep-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid-Suara, Pilihan, dan Kepemilikan"