Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksplorasi Konsep-Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

Eksplorasi Konsep-Pemimpin dan Pengelolaan Sumber Daya
Dalam pembelajaran ini, diharapkan CGP dapat memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya, CGP dapat mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid, dan CGP dapat memahami cara berpikir dengan pendekatan asset-based thinking.

Apakah kita bisa menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset untuk mengelola sumber daya sekolah kita? Bisakah kita mengganti kata komunitas menjadi sekolah,  Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset? Mengapa?

Pendekatan engembangan komunitas berbasis aset bisa digunakan untuk mengelola sumber daya sekolah kita. Dengan mengganti kata komunitas menjadi sekolah, sehingga menjadi Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset. Hal ini dimungkinkan karena sekolah juga merupakan komunitas. Dalam komunitas sekolah, terjadi interaksi antara faktor-faktor biotik dan abiotik dengan lingkungan. Sekolah juga memiliki aset sama halnya dengan komunitas.

Apa contoh pengelolaan sumber daya sekolah kita dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset?

Contoh pengelolaan sumber daya sekolah dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset. Sekolah memiliki tempat praktikum kejuruan lengkap dengan fasilitasnya, guru, tenaga kepenidikan ⟮laboran dan teknisi). Siswa memerlukan sarana dan media untuk praktikum. Guna mengoptimalkan praktikum siswa, sekolah bisa membuka unit produksi ⟮teaching factory) yang melayani jasa laundry, service sepeda motor, service komputer, dan makanan. Dalam unit produksi ini, siswa yang megelolanya. Di satu sisi, siswa mendapat pengalaman praktikum secara lebih intens, di sisi lain ada profit yang bisa dinukmati bersama.

Bagaimanakah selama ini kita mengelola sumber daya? Apakah sudah menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset?

Selama ini, Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset masih belum banyak digunakan. Sumber daya sekolah masih dikelola hanya sebatas melakukan kegiatan wajib, sehingga belum optimal mengembangkan potensi murid. Pembahasan masih lebih banyak pada masalah yang dihadapi, kendala yang ditemui, kemudian mencari jalan keluar.

Jika belum, bagaimana caranya kita mengelola dengan Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset?

Cara mengelola sekolah dengan pendekatan pengembangan sekolah berbasis aset adalah dengan fokus pada aset dan kekuatan, berpikir tentang masa depan, berpikir tentang kesuksesan yang telah diraih dan kekuatan untuk mencapai kesuksesan tersebut, mengorganisasikan kompetensi dan sumber daya ⟮aset dan kekuatan), merancang sebuah rencana berdasarkan visi dan kekuatan, dan melaksanakan rencana aksi yang sudah diprogramkan.

1 comment for "Eksplorasi Konsep-Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"