Demonstrasi Kontekstual-Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran
Pada alur pembelajaran Demonstrasi Kontekstual, CGP diajak membumikan materi Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran di lingkungan tempat kerja dan lingkungan tempat tinggal.
CGP diminta untuk membuat sebuah jurnal monolog ⟮diskusi dengan diri sendiri). Jurnal ini dapat berupa blog-tulisan naratif maupun sebuah video atau audio. Berikut ini pertanyaan pemandu yang bisa digunakan dalam membuat jurnal monolog.
- Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?
- Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
- Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.
- Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.
Demonstrasi Kontekstual Modul 3.1
Untuk mentransfer pengetahuan yang saya dapatkan dalam program guru penggerak, saya akan berkomunikasi dengan kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan di sekolah. Saya juga akan melakukan pengimbasan kepada rekan sejawat tentang praktik baik pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, budaya positif, praktik coaching, dan juga pembelajaran berdiferensiasi serta pembelajaran sosial dan emosional. Saya juga akan berkolaborasi dengan rekan sejawat yang tergabung dalam komunitas praktisi yang ada di sekolah. Pengetahuan yang saya dapatkan dalam program guru penggerak akan saya terapkan dalam pembelajaran di kelas, kegiatan-kegiatan sekolah dan lingkungan tempat tinggal saya dalam menghadapi situasi dilema etika maupun bujukan moral.
Langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran adalah sebagai berikut.
- Pertama, saya akan menelaah situasi yang saya hadapi, kemudian menentukan paradigma dilema etika apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan situasi tersebut, apakah individu lawan masyarakat, kebenaran lawan kesetiaan, keadilan lawan rasa kasihan, atau jangka pendek lawan jangka panjang.
- Kedua, berdasarkan paradigma tersebut, saya akan memilih prinsip yang akan saya gunakan dalam pengambilan keputusan, apakah prinsip berpikir berbasis hasil akhir ⟮end based thinking), berpikir berbasis peraturan ⟮role based thinking), ataukah berpikir berbasis rasa peduli ⟮care based thinking).
- Ketiga, berdasarkan paradigma dan prinsip dilema etika yang dipilih dalam situasi yang dihadapi, saya akan melakukan pengambilan dan pengujian keputusan dengan menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.
Sebagai guru yang ingin memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan kompetensi diri, saya akan menerapkan langkah-langkah tersebut mulai saat ini. Saya juga akan konsisten melaksanakannya mulai saat ini, besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan, sampai saya mahir dan terbiasa melakukan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.
Dalam melakukan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, saya meminta petunjuk kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan di sekolah. Saya juga akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam menghadapi situasi dilema. Rekan sejawat juga akan saya libatkan sebagai teman berdiskusi dan bertukar pikiran ketika menghadapi situasi/masalah, karena saya yakin rekan sejawat memiliki pengalaman dalam menyelesaikan masalah. Rekan Calon Guru Penggerak ⟮CGP) di kabupaten Karangasem juga akan saya libatkan sebagai teman berdiskusi dan bertukar pikiran, karena mereka memiliki pengalaman dan kompetensi melakukan pengambilan keputusan. Dengan melibatkan kepala sekolah, rekan sejawat, dan rekan CGP, saya akan mengetahui apakah langkah-langkah yang saya ambil sudah tepat dan efektif berdasarkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.
Berikut ini Demonstrasi Kontekstual berupa video:
Demikian Demonstrasi Kontekstual Modul 3.1. Semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Demonstrasi Kontekstual-Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran"