Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Refleksi Terbimbing-Pembelajaran Sosial dan Emosional

 

Refleksi Terbimbing-Pembelajaran Sosial dan Emosional
Ada banyak hal menarik yang dipelajari dalam modul Pembelajaran Sosial dan Emosional ini. Selain itu, ada beberapa ide penerapannya di sekolah seperti yang sudah saya posting pada Ruang Kolaborasi.

Berikut ini Refleksi Terbimbing pada Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional.

Sebutkan 3 hal menarik yang telah Anda pelajari! Kemukakan dengan alasan atau contoh berupa gambar/foto untuk memperjelas jawaban Anda. 

Hal yang menarik bagi saya adalah:

  1. Cara kerja otak manusia. Ternyata kita tidak bisa mengontrol sepenuhnya bagaimana otak kita bekerja. Ketika kita menghadapi suatu situasi, maka otak akan merespons. Jika respons yang diberikan dengan tenang dan fokus, maka semakin rendah kemungkinan  kita dikendalikan oleh emosi yang kuat sehingga meningkatkan keterampilan mengelola diri menghadapi masalah.
  2. Praktik melakukan kesadaran penuh melalui teknik STOP. Melalui teknik ini, saya dapat merasakan rileks pada pikiran, perasaan, dan tubuh saya, serta dapat mengembalikan kesadaran pada apa yang seharusnya dilakukan. Teknik ini juga membantu saya merasakan emosi-emosi yang muncul saat saya menghadapi sebuah situasi yang memerlukan reaksi yang tepat.
  3. Saya memperoleh pemahaman pentingnya menguasai kompetensi sosial dan emosional untuk bertahan dalam masalah, menemukan pemecahan masalah, dan menjadi pribadi yang lebih baik. Bagaimana saya menyadari dan mengelola emosi, mengelola diri untuk mencapai tujuan, melihat dari perspektif orang lain, menjaga hubungan yang harmonis dengan orang lain, dan mengambil keputusan secara bertangungjawab.
  4. Penerapan PSE dalam pembelajaran, kegiatan sehari-hari di sekolah, dan menyelenggarakan kegiatan terkait kompetensi sosial dan emosional. Selama ini, terkadang ketika menghadapi siswa saya mengambil keputusan dengan reaktif. Padahal, keputusan tersebut belum tentu baik. Dengan menerapkan kompetensi sosial dan emosional dalam praktik pembelajaran, saya akan mampu mengenali dan mengelola emosi, serta mengarahkan siswa untuk fokus pada tujuan.

Sebutkan 2 hal penting yang Anda pelajari! Kemukakan dengan alasan atau contoh berupa gambar/foto untuk memperjelas jawaban Anda.

Hal penting yang saya pelajari adalah:

  1. Melakukan kesadaran penuh melalui teknik STOP. Kesadaran penuh dapat membantu saya dalam meningkatkan konsentrasi, fokus, dan perhatian. Teknik STOP meningkatkan rileks pada pikiran, perasaan, dan tubuh saya. Sehingga emosi negatif seperti perasaan cemas, takut, kecewa, frustasi, atau lekas marah menjadi berkurang.
  2. Kompetensi sosial dan emosional beserta ide penerapannya di sekolah. Lima pembelajaran sosial dan emosional yang saya pelajari, yaitu Memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi, menetapkan dan mencapai tujuan positif, merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain, membangun dan mempertahankan hubungan yang positif, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. Penerapan KSE di sekolah dapat dilakukan melalui empat cara, yaitu Mengajarkan Kompetensi Sosial Emosional secara spesifik dan eksplisit, Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid, Mengubah kebijakan dan ekspektasi sekolah terhadap murid, dan Mempengaruhi pola pikir murid tentang persepsi diri, orang lain dan lingkungan.

Sebutkan 1 hal yang Anda ingin coba dan terapkan dalam kelas! Jelaskan alasan Anda!

Saya ingin mencoba menerapkan KSE kesadaran diri, terutama ketika melihat siswa mulai kurang fokus, konsentrasi dan perhatian menurun dalam pembelajaran. 

Kesadaran diri dapat dilatih dengan mengajak siswa menjawab pertanyaan ‘3 mengapa’. Misalnya: ‘mengapa saya tidak fokus?’ Karena saya penat. ‘Mengapa saya penat?’ Karena udara kurang segar. ‘Mengapa udara kurang segar?’ Karena jendela tertutup. Bukalah jendela, ambil napas dalam dalam, rasakan sejuknya udara. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan konsentrasi, fokus, dan perhatian siswa meningkat.

Demikian refleksi saya atas pembelajaran yang telah dilakukan pada modul 2.2. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Refleksi Terbimbing-Pembelajaran Sosial dan Emosional"