Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksplorasi Konsep-Pembelajaran Sosial dan Emosional

Eksplorasi Konsep-Pembelajaran Sosial dan Emosional

Pada alur pembelajaran Eksplorasi Konsep, CGP diminta mempelajari materi berupa teks dan video tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional. Setelah mempelajari materi, CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait materi.

A. Pembelajaran Sosial dan Emosional

Uraikan dengan kata-kata Anda sendiri pesan kunci yang Anda dapatkan dari video tersebut!

Jawaban:

Pembelajaran Sosial-Emosional sangat penting, yaitu untuk memberikan keseimbangan pada diri dan mengembangkan kompetensi personal untuk mencapai kesuksesan. Sebagai guru, kita diharapkan dapat menginternalisasi Pembelajaran Sosial-Emosional dalam pembelajaran di kelas dan dalam kebidupan sehari-hari sehingga siswa dapat menempatkan diri dalam pergaulan di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Pembelajaran Sosial-Emosional memberikan pengalaman belajar pada siswa, mengkonstruksi pemahaman, dan bagaimana guru dalam mengajar. Dalam proses pembelajaran, terjadi pertukaran pikiran antara siswa dan siswa dengan guru sehingga terjadi proses saling memahami diri dan orang lain, sehingga siswa memiliki pemahaman yang utuh. Pembelajaran Sosial-Emosional memberikan pengalaman pada siswa bagaimana menyadarkan diri, menggunakan kesadaran sosial, dan mengambil keputusan yang bertanggungjawab. Melalui PSE, kita memberikan jalan agar siswa membuka hati, menghubungkan, sehingga tujuan tercapai.

Menurut Anda, mengapa penting guru memahami dan menerapkan pembelajaran sosial dan emosional, baik bagi dirinya maupun murid?

Pentingnya guru memahami dan menerapkan pembelajaran sosial dan emosional disebabka oleh guru memiliki tangung jawab menuntun siswa menuju selamat dan bahagia. Dalam proses menuntun, guru harus bisa membuka hati siswa, membuat siswa terhubung dengan siswa lain dan dengan guru sehingga terjadi proses interaksi sosial, siswa belajar memahami orang lain, munculnya kesadaran sosial, dan mempersiapkan siswa menghadapi masalah. Jadi, pembelajaran sosial dan emosional sangat penting guna memberikan siswa keterampilan hidup yang sangat berguna di samping pengetahuan dan keterampilan akademik. Pengetahuan dan Keterampilan inilah yang nantinya mendukung siswa mencapai keselamatan dan kebahagiaan.

Tuliskan hal-hal yang sudah Anda ketahui sebelumnya dari video tersebut!

Hal-hal yang sudah saya ketahui sebelumnya adalah: 

  • kondisi sosial dan emosional sangat penting dalam pembelajaran;
  • kondisi sosial dan emosional sangat berpegaruh pada kesuksesan siswa; 
  • guru harus dapat mengelola emosi dalam pembelajaran;

Tuliskan hal-hal baru yang Anda pelajari dari video tersebut!

Hal-hal baru yang saya dapatkan adalah pembelajaran sosial dan emosional memberikan keseimbangan pada individu dan mengembangkan kompetensi personal yang dibutuhkan untuk dapat menjadi sukses. Pembelajaran sosial dan emosional juga mampu membuat siswa membuka hati, saling terhubung, dan mencapai tujuan. Pembelajaran sosial dan emosional memberikan kesadaran diri, kesadaran sosial, dan pengambilan keputusan yang baik dan bertanggung jawab. Dalam pembelajaran, PSE berperan penting dalam hubungan antar siswa dan antara siswa dengan guru, emosi menarik perhatian, dan perhatian mendorong terjadinya proses belajar.

Apa hal-hal yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Hal-hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah: 

  1. Bagaimana cara mengelola emosi diri?
  2. Bagaimana cara menerapkan pembelajaran sosial dan emosional dalam praktik pembelajaran tatap muka dan PJJ?
  3. Bagaimana hubungan PSE dengan pendidikan karakter?

 

B. Kesadaran Penuh ⟮Mainfulness)



Tuliskan sebanyak mungkin fakta yang sudah Anda pelajari dan pahami tentang latihan berkesadaran penuh ⟮mindfulness)!

  • Kesadaran penuh ⟮mindfulness) adalah kesadaran pada keadaan diri dan memberikan respons yang tepat dalam keadaan apapun; 
  • mindfulness dapat dilakukan dengan bersembahyang ⟮menghubungkan diri dengan Sang Pencipta), mengamati keindahan alam, merasa bersyukur, dan Latihan menyadari napas; 
  • mindfulness adalah teknik yang dapat membantu kita mengelola proses ini secara lebih efektif dengan membangun keterampilan konsentrasi, perhatian dan kapasitas untuk mengarahkan kesadaran kita; 
  • meditasi teratur dan latihan kesadaran penuh ⟮mindfulness) dapat mengurangi tingkat hormon stres dan memperkuat koneksi ke lobus frontal sehingga kita cenderung hidup dengan sedikit stress dan lebih bahagia.

Jelaskan hubungan kerja bagian otak prefrontal ⟮disebut otak luhur dalam modul 1.3) dan latihan berkesadaran penuh ⟮mindfulness)!

Otak luhur merupakan bagian otak yang berkembang terakhir dalam evolusi kita, yang berperan dalam mengelola emosi. Dalam kondisi berkesadaran penuh, terjadi perubahan fisiologis seperti meluasnya area otak yang terutama berfungsi untuk belajar dan mengingat, berkurangnya stres, dan munculnya perasaan tenang dan stabil. Latihan berkesadaran penuh dapat menumbuhkan perasaan yang lebih tenang dan pikiran yang lebih jernih, yang akan berpengaruh pada keputusan yang lebih responsif dan reflektif. Dengan Latihan berkesadaran penuh, kita melatih otak prefrontal untuk lebih berkembang dan mengurangi pertumbuhan bagian amigdala ⟮berkaitan dengan respons menghadapi atau lari yang sifatnya kuat mengaktifkan kapan kita merasa stres atau cemas). Latihan berkesadaran penuh juga mengurangi tingkat hormon stress sehingga kita cenderung hidup dengan sedikit stres dan lebih banyak kebahagiaan.

Menurut Anda, bagaimana latihan berkesadaran penuh ⟮mindfulness) dapat bermanfaat bagi Anda?

Latihan berkesadaran penuh dapat bermanfaat bagi saya karena saya dapat mengontrol diri, merasakan syukur, mengurangi stress, dan mengelola emosi. Juga data menyelaraskan perasaan pada orang lain dengan merasakan empati dan pengertian yang mendalam, berkonsentrasi dengan lebih baik, dan mengambil keputusan dengan baik dan bertanggungjawab.

Setelah Anda memahami manfaat latihan berkesadaran penuh ⟮mindfulness), gambarkanlah sebuah situasi yang merefleksikan bahwa kemampuan tersebut akan bermanfaat bagi Anda dalam menghadapi suatu situasi sosial yang menantang dalam menjalankan peran sebagai pendidik! Berikan penjelasan.

Ketika menghadapi berbagai tugas, misalnya mengajar, pelatihan, tugas administrasi, mengoreksi ulangan, deadline tugas yang mendesak, dan tugas kemasyarakatan ⟮adat) terkadang saya merasa sesak dan tidak dapat mengambil keputusan dengan tepat. Di saat inilah saya perlu menerapkan kesadaran penuh. Dengan menarik napas dalam-dalam, membayangkan keindahan alam, merasakan diri seutuhnya, merasakan kesadaran pada apa yang akan dilakukan, dan mengucap syukur atas anugerah yang diterima selama ini. DI sinilah saya memerlukan kesadaran penuh dalam mengambil keputusan, menggunakan skala proiritas, dan mulai mengerjakan hal-hal yang diperlukan. Dalam situasi ini, saya bersyukur karena walaupun ada banyak tugas, tetapi inilah profesi yang dulu saya idamkan, yang saat ini menjadi idaman banyak orang juga.


Demikian jawaban saya atas pertanyaan-pertanyaan pada alur pembelajaran Eksplorasi Konsep. Semoga Bermanfaat. Salam dan Bahagia.

Post a Comment for "Eksplorasi Konsep-Pembelajaran Sosial dan Emosional"