Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mulai Dari Diri-Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

 

Mulai Dari Diri-Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi


Kegiatan belajar pertama dalam modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi adalah Mulai Dari Diri. Pada pembelajaran ini, CGP diminta menjawab pertanyaan reflektif tentang pembelajaran yang telah dilakukan, menonton video Sekolah Binatang, dan memberikan pandangan berdasarkan video tersebut.

Ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan pada saat Anda melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam!

Ketika melakukan pembelajaran di kelas dengan murid beragam, saya menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan karakteristik murid. Misalnya, siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi, diberikan pengayaan. Sementara siswa yang kemampuan akademik rendah, diberikan pendampingan yang lebih intensif. Siswa yang memiliki cara belajar visual, diberikan bahan ajar berupa bacaan, presentasi, dan video. Siswa yang memiliki cara belajar kinestetik, aktivitas berupa praktikum, pengamatan, dan diskusi.

Apa yang telah Anda ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodasi karakteristik peserta didik dalam pembelajaran. Guru memfasilitasi pembelajaran dengan memperhatikan potensi peserta didik. Pembelajaran tidak dilakukan sebagai keseragaman, tetapi sesuai dengan kebutuhan dan cara belajar murid.

Setelah menyaksikan video di atas ⟮video sekolah binatang), menurut Anda bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi? ⟮terutama untuk memenuhi kebutuhan belajar murid).

Pembelajaran seharusnya memperhatikan karakteristik, potensi, dan cara belajar peserta didik. Rancangan pembelajaran harus mengakomodasi potensi peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rencana yang dibuat. Pembelajaran dilakukan agar peserta didik dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Peserta didik yang memiliki bakat istimewa seharusnya dikembangkan. Guru seharusnya dapat menggali potensi peserta didik yang belum terlihat melalui asesmen diagnosis, agar bisa dikembangkan. Penilaian pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Evaluasi dilaksanakan dalam proses pembelajaran, bukan pada akhir saja. Evaluasi pembelajaran dilakukan sebagai perbaikan proses, perbaikan hasil belajar peserta didik.

Apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang komponen, perencanaan, proses, evaluasi, dan tindak lanjut yang diperlukan dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Demikian jawaban yang saya berikan dalam pembelajaran Mulai Dari Diri Modul 2.1.

Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Mulai Dari Diri-Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi"