Jurnal Refleksi Minggu Ke-9 Calon Guru Penggerak-Pembelajaran Berdiferensiasi
Pada bulan pebruari ini, Pendidikan Guru Penggerak dilanjutkan kembali setelah jeda satu bulan. Minggu ini, pembelajaran menginjak pada paket modul 2, yaitu modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi.
Pembelajaran pertama adalah mulai dari diri, yaitu menjawab beberapa pertanyaan reflektif dan terkait masalah yang diberikan dalam LMS. Pembelajaran kedua adalah eksplorasi konsep, yaitu membaca konsep-konsep tentang pembelajaran berdiferensiasi, mengamati video, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan, serta membuat Diagram Frayer Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai gambaran pemahaman pada pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran ketiga adalah ruang kolaborasi, yaitu diskusi dalam kelompok besar dan kelompok kecil, tentang pembelajaran berdiferensiasi, studi kasus, dan penyusunan RPP Berdiferensiasi.
Berikut ini Jurnal Refleksi Minggu Ke-9 yang saya susun minggu ini, menggunakan model segitiga refleksi.
Segitiga Atas: Akhirnya saya mampu memahami pembelajaran berdiferensiasi, berupa diferensiasi konten, proses, dan produk, lingkungan yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi, dan penilaian yang tepat.
Segitiga Kuning: Saya semakin antusias, termotivasi, dan tertantang menggali kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid serta menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas.
Segitiga Hijau: Saya memahami bahwa pembelajaran berdiferensiasi penting untuk mengoptimalkan berkembangnya potensi, minat, dan bakat murid.
Segitiga Abu: Target saya setelah pembelajaran minggu ini adalah rencana pelaksanan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai kondisi kelas.
Guru Penggerak, Merdeka Belajar!
Guru Bergerak, Indonesia Hebat!
isinya keren...sangat membantu
ReplyDeleteterimakasih sudah mampir
Deleteperkenalkan saya agus gustiawan cgp angkatan 4 juga izin bertanya. Berpa poin yang arus kita buat dalam pembuatan Porto folio itu?
ReplyDeletePortofolio apa pak?
Delete