Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurnal Refleksi Minggu Ke-10 Calon Guru Penggerak-Pembelajaran Berdiferensiasi

 

Jurnal Refleksi Minggu Ke-10 Calon Guru Penggerak-Pembelajaran Berdiferensiasi

Tak terasa, Program Pendidikan Guru Penggerak telah sampai pada minggu ke-10. Banyak pengetahuan dan pengalaman yang telah didapat, yang sangat berguna dalam pembelajaran di kelas maupun pengembangan sekolah.

Berikut ini Jurnal Refleksi Mingguan Calon Guru Penggerak, yang saya susun dengan model 4F ⟮Facts, Feelings, Findings, Future).

Jurnal Refleksi Minggu Ke-10

Kegiatan pembelajaran minggu ini diawali dengan ruang kolaborasi, yaitu presentasi hasil kerja kelompok. Dalam kegiatan ini, saya bisa berinteraksi dengan rekan CGP lain, berbagi mengenai RPP berdiferensiasi yang telah disusun, dan saling memberi penguatan. Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan refleksi terbimbing, yaitu menuliskan hal-hal yang dirasa sulit dan dukungan yang dibutuhkan jika harus menerapkan hal sulit tersebut. Pembelajaran selanjutnya adalah demonstrasi kontekstual, yaitu menyusun RPP berdiferensiasi sesuai mata pelajaran yang diajar. Ini adalah penerapan dari konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya, yaitu diagnosis kemampuan, minat, dan profil belajar siswa, serta tiga strategi diferensiasi. Secara umum, pembelajaran minggu ini memberikan saya pemahaman dan pengalaman dalam menyusun RPP untuk memfasilitasi keragaman siswa. Dalam menyusun RPP berdiferensiasi, awalnya saya mengalami kendala dalam menetapkan strategi yang digunakan. Dengan masukan rekan CGP dan bimbingan dari fasilitator, saya bisa menyelesaikan satu RPP berdiferensiasi yang akan saya terapkan dalam pembelajaran.

Selama pembelajaran berlangsung, saya merasa bersemangat dan antusias mengikuti setiap sesi. Perasaan semangat muncul karena saya ingin tahu lebih jauh tentang pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini membuat saya antusias mengikuti pembelajaran pada tiap sesi. Saya tertarik untuk menganalisis kebutuhan belajar siswa, menetapkan strategi diferensiasi, dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Saya merasa bersyukur karena telah sampai pada pembelajaran ini.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan hal baru bagi saya. Pembelajaran yang saya ikuti memberikan banyak pengetahuan dan pemahaman tentang kebutuhan belajar siswa meliputi kesiapan belajar, minat, dan profil belajar, serta cara-cara menganalisisnya. Selain itu, saya juga mendapatkan pemahaman mengenai strategi diferensiasi, meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk. Meskipun selama ini saya pernah melakukan kegiatan pembelajaran di kelas yang saya rasa bisa mengakomodasi kesiapan belajar siswa yang berbeda-beda, tetapi hal itu masih mengandung miskonsepsi pembelajaran berdiferensiasi. Melalui modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi, saya mendapat pemahaman yang utuh tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Sebelum melaksanakan pembelajaran, seperti biasa saya akan memetakan kebutuhan belajar siswa melalui asesmen diagnosis, survei, pengamatan, dan wawancara. Melalui pemetaan kebutuhan belajar ini, saya bisa merencanakan strategi diferensiasi yang tepat. Dalam penerapannya di kelas, saya akan melibatkan rekan sejawat untuk mengobservasi dan memberi umpan balik terhadap pembelajaran yang saya lakukan. Melalui umpan balik yang diberikan, saya dapat memperbaiki perencanaan dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi sesuai kebutuhan belajar siswa.

Jurnal Refleksi Minggu Ke-10 Calon Guru Penggerak-Pembelajaran Berdiferensiasi


Post a Comment for "Jurnal Refleksi Minggu Ke-10 Calon Guru Penggerak-Pembelajaran Berdiferensiasi"