Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koneksi Antar Materi-Visi Guru Penggerak

 

Koneksi Antar Materi-Visi Guru Penggerak
Setelah mengikuti proses pembelajaran dari modul 1.1, 1.2, dan 1.3, CGP diminta merumuskan kembali visi tentang murid masa depan dalam sebuah kalimat yang singkat, padat, dan jelas. 

Visi Guru Penggerak berhubungan erat dengan Profil Pelajar Pancasila sesuai Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Nilai dan Peran Guru Penggerak, dan Pendekatan Perubahan Berbasis Kekuatan Inkuiri Apresiatif melalui tahapan BAGJA.

Visi yang disusun ini harus diterapkan berdasarkan pendekatan Inkuiri Apresiatif dengan tahapan BAGJA. Rencana yang dibuat harus diproyeksikan pada dampak nyata yang dialami murid. Visi ini bukan sekedar memenuhi tugas pendidkan Guru Penggerak, tetapi benar-benar untuk memberikan dampak pada murid. Oleh karena itu, visi ini disusun berdasarkan kebutuhan dan potensi murid, dengan memperhatikan kekuatan-kekuatan aset yang dimiliki.

Visi: Terwujudnya siswa yang berakhlak mulia, bernalar kritis, dan kreatif.

Berakhlak mulia berarti memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, antar sesama manusia, dan antara manusia dengan alam ⟮Tri Hita Karana⟯.

Bernalar kritis berarti mampu merefleksi pikiran dan proses berpikir, melihat permasalahan dan mengambil kesimpulan secara rasional.

Kreatif berarti mampu menghasilkan gagasan, tindakan, dan karya yang orisinal.

Tahapan BAGJA

Untuk mewujudkan visi tersebut, digunakan tahapan BAGJA, yaitu sebagai berikut.

  • Buat Pertanyaan

Dalam bagian ini, kita membuat pertanyaan utama sebagai penentu arah penelusuran, penyelidikan, dan penelitian terkait perubahan yang akan dilakukan yang dilakukan secara bersama-sama.

  • Ambil Pelajaran

Setelah menentukan pertanyaan utama, bagian ini akan menuntun bagaimana kita mengambil pelajaran dari pengalaman positif individu maupun kelompok dalam unsur yang sama maupun berbeda. Bagian ini berusaha mnjawab pertanyaan lanjutan dari pertanyaan utama.

  • Gali Mimpi

Keadaan ideal yang diinginkan digambarkan secara rinci melalui sebuah narasi.

  • Jabarkan Rencana
Pada tahapan ini, dilakukan identifikasi tindakan-tindakan yang diperlukan dan keputusan yang diambil. Diperlukan pertanyaan-pertanyaan pemandu agar tindakan yang diambil lebih konkret.
  • Atur Eksekusi.

Tahapan ini membantu transformasi menjadi nyata, sehingga jelas siapa yang terlibat di setiap rencana. 

 Berikut ini tahapan BAGJA yang saya susun:Koneksi Antar Materi-Visi Guru PenggerakKoneksi Antar Materi-Visi Guru Penggerak

Koneksi Antar Materi-Visi Guru Penggerak


Demikian 1.3.a.9 Koneksi Antar Materi-Visi Guru Penggerak
Semoga bermanfaat.

Salam dan Bahagia.

Post a Comment for "Koneksi Antar Materi-Visi Guru Penggerak"