Ruang Kolaborasi-Nilai dan Peran Guru Penggerak
Ruang Kolaborasi merupakan bagian dari alur MERRDEKA. Dalam pembelajaran ini, CGP diajak berdiskusi dalam kelompok kecil, 3-4 orang untuk mendiskusikan Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Berikut ini pertanyaan yang dipergunakan sebagai bahan diskusi.
- Berdasarkan pengalaman Anda, Apa saja hal yang pernah Anda lakukan sehubungan dengan peran dan nilai guru Penggerak?
- Apa yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak untuk menguatkan peran serta nilai tersebut?
Hasil diskusi kelompok:
Menjadi Pemimpin Pembelajaran:
- Menerapkan pembelajaran menyenangkan dan berpusat pada siswa
- Pembelajaran sesuai minat, bakat, cara belajar siswa, dan kontekstual
- Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman
- Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi/inovatif
- Membuat media pembelajaran inovatif
- Mengembangkan potensi siswa di luar mapel melalui ekstrakurikuler
- Menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan industri dan life skill
Strategi Penguatan:
- Melakukan refleksi pembelajaran
- Meningkatkan kemampuan IT
- Mencari inspirasi dari rekan guru
- Bekerjasama dengan pembina ekstrakurikuler
Menggerakkan Komunitas Praktisi:
- Aktif dalam kegiatan KKG, MGMP, Komunitas Literasi
- Mendatangkan narasumber dari organisasi profesi ⟮PHRI,PBMB⟯ dan praktisi
- Mengajak rekan guru mengikuti pelatihan, misalnya melalui Guru Belajar
- Membentuk Kelompok siswa pecinta sains
Strategi Penguatan:
- Merefleksi diri
- Menjalin jejaring dengan organisasi/ komunitas
- Lebih sering mengakses web Guru Belajar dan Berbagi
- Komunikasi intensif dengan stake holder
Mendorong Kolaborasi Antar Guru:
- Kolaborasi dengan rekan sejawat dalam pembinaan akademik dan non akademik siswa
- Kolaborasi dalam desiminasi hasil penelitian/praktik baik dengan rekan sejawat
- Kolaborasi dengan guru mapel, wali kelas, dan BK dalam menyelesaikan masalah siswa
- Berkolaborasi dengan rekan guru dalam menyelenggarakan lomba-lomba peringatan hari kemerdekaan RI
Strategi Penguatan:
- Merefleksi diri
- Mencari penyebab dan solusi masalah siswa dengan melibatkan siswa
- Komunikasi intensif dengan rekan sejawat
Menjadi Coach Bagi Guru Lain:
- Melatih rekan guru dalam menghasilkan publikasi ilmiah/karya inovatif
- Melatih rekan guru tentang pemanfaatan fitur rumah belajar
- Menjadi pelatih aplikasi pembelajaran dan penilaian ⟮Google Cassroom, Moodle, Quizizz, Blog⟯
- Menjadi instruktur K-13 dan Guru Pembelajar SMK Kabupaten
Strategi Penguatan:
- Meningkatkan kemampuan menyusun PI/KI
- Mengikuti pelatihan PembaTIK
- Meningkatkan kemampuan publik speaking
- Meningkatkan kemampuan IT
Mewujudkan Kepemimpinan Murid:
- Membiasakan siswa bertanggung jawab atas tugas
- Siswa bergilir memimpin doa
- Siswa bergilir memandu lagu Indonesia Raya dan tepuk PPK
- Membiasakan siswa belajar kelompok
- Membiasakan siswa dalam berorganisasi ⟮pengurus kelas, OSIS, MPK⟯
Strategi Penguatan:
- Memberikan tugas piket pembersihan kelas dan lingkungan
- Menjadwalkan pemimpin doa, lagu, dan tepuk PPK
- Menerapkan pembelajaran kolaboratif
- Memotivasi siswa menjadi pengurus OSIS, MPK
Presentasi Poster dalam bentuk buku:
Presentasi berupa Poster:
Demikian hasil diskusi kami, semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia
Post a Comment for "Ruang Kolaborasi-Nilai dan Peran Guru Penggerak"