Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ruang Kolaborasi-Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

Ruang Kolaborasi-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Ruang Kolaborasi merupakan bagian dari alur MERRDEKA. Dalam pembelajaran ini, CGP diajak berdiskusi dalam kelompok kecil, 3-4 orang untuk mendiskusikan Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Berikut ini pertanyaan yang dipergunakan sebagai bahan diskusi.

  1. Berdasarkan pengalaman Anda, Apa saja hal yang pernah Anda lakukan sehubungan dengan  peran dan nilai guru Penggerak?
  2. Apa yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak untuk menguatkan peran serta nilai tersebut?

Hasil diskusi kelompok:

Menjadi Pemimpin Pembelajaran:

  • Menerapkan pembelajaran menyenangkan dan berpusat pada siswa
  • Pembelajaran sesuai minat, bakat, cara belajar siswa, dan kontekstual
  • Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman
  • Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi/inovatif
  • Membuat media pembelajaran inovatif
  • Mengembangkan potensi siswa di luar mapel melalui ekstrakurikuler
  • Menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan industri dan life skill

Strategi Penguatan: 

  • Melakukan refleksi pembelajaran
  • Meningkatkan kemampuan IT 
  • Mencari inspirasi dari rekan guru
  •  Bekerjasama dengan pembina ekstrakurikuler

Menggerakkan Komunitas Praktisi:

  • Aktif dalam kegiatan KKG, MGMP, Komunitas Literasi
  • Mendatangkan narasumber dari organisasi profesi ⟮PHRI,PBMB⟯ dan praktisi 
  • Mengajak rekan guru mengikuti pelatihan, misalnya melalui Guru Belajar
  • Membentuk Kelompok siswa pecinta sains

Strategi Penguatan:

  • Merefleksi diri
  • Menjalin jejaring dengan organisasi/ komunitas
  • Lebih sering mengakses web Guru Belajar dan Berbagi
  • Komunikasi intensif dengan stake holder

Mendorong Kolaborasi Antar Guru:

  • Kolaborasi dengan rekan sejawat dalam pembinaan akademik dan non akademik siswa
  • Kolaborasi dalam desiminasi hasil penelitian/praktik baik dengan rekan sejawat
  • Kolaborasi dengan guru mapel, wali kelas, dan BK dalam menyelesaikan masalah siswa
  • Berkolaborasi dengan rekan guru dalam menyelenggarakan lomba-lomba peringatan hari kemerdekaan RI

Strategi Penguatan:

  • Merefleksi diri
  • Mencari penyebab dan solusi masalah siswa dengan melibatkan siswa
  • Komunikasi intensif dengan rekan sejawat

Menjadi Coach Bagi Guru Lain:

  • Melatih rekan guru dalam menghasilkan publikasi ilmiah/karya inovatif
  • Melatih rekan guru tentang pemanfaatan fitur rumah belajar
  • Menjadi pelatih aplikasi pembelajaran dan penilaian ⟮Google Cassroom, Moodle, Quizizz, Blog⟯
  • Menjadi instruktur K-13 dan Guru Pembelajar SMK Kabupaten

Strategi Penguatan:

  • Meningkatkan kemampuan menyusun PI/KI
  • Mengikuti pelatihan PembaTIK
  • Meningkatkan kemampuan publik speaking
  • Meningkatkan kemampuan IT

Mewujudkan Kepemimpinan Murid:

  • Membiasakan siswa bertanggung jawab atas tugas
  • Siswa bergilir memimpin doa
  • Siswa bergilir memandu lagu Indonesia Raya dan tepuk PPK
  • Membiasakan siswa belajar kelompok
  • Membiasakan siswa dalam berorganisasi ⟮pengurus kelas, OSIS, MPK⟯

Strategi Penguatan:

  • Memberikan tugas piket pembersihan kelas dan lingkungan
  • Menjadwalkan pemimpin doa, lagu, dan tepuk PPK
  • Menerapkan pembelajaran kolaboratif
  • Memotivasi siswa menjadi pengurus OSIS, MPK

Presentasi Poster dalam bentuk buku:

 

Presentasi berupa Poster:


Demikian hasil diskusi kami, semoga bermanfaat.

Salam dan Bahagia

Post a Comment for "Ruang Kolaborasi-Nilai dan Peran Guru Penggerak"