Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Refleksi Terbimbing-Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

Refleksi Terbimbing-Nilai dan Peran Guru Penggerak
Kegiatan Refleksi Terbimbing merupakan bagian dari alur MERRDEKA. Pada bagian ini, CGP diajak untuk menengok ke belakang untuk melihat nilai-nilai dan peran yang sudah dilakukan, sekaligus menatap ke depan untuk memproyeksikan apa yang akan dilakukan, apa hambatan yang akan ditemui, dan cara mengatasinya.

I Made Adi Ismaya-CGP Angkatan 4 Kab. Karangasem, Bali

Berikut ini pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang saya berikan.

Apa saja nilai diri saya? ⟮yang terdapat pada bagian mulai dari diri⟯

Nilai diri adalah sesuatu yang diyakini, yang dipakai sebagai standar yang mengarahkan sikap dan perbuatan seseorang. Nilai-nilai ini mendasari perbuatan seseorang beserta cara berpikirnya. Nilai diri yang saya miliki adalah tekun, ingin tahu, mandiri dan inovatif.

  • Tekun berarti rajin, berkeras hati, dan bersungguh-sungguh melakukan sesuatu ⟮bekerja, belajar, berusaha, dan sebagainya⟯. Ketekunan merupakan modal untuk mencapai tujuan.
  • Ingin tahu adalah perasaan atau sikap yang kuat untuk mengetahui sesuatu,  dorongan kuat untuk mengetahui lebih banyak tentang sesuatu. Ingin tahu merupakan modal untuk belajar, karena untuk memenuhi rasa ingin tahu seseorang akan menggali informasi yang mendukung.
  • Mandiri berarti hal atau keadaan seseorang dapat berdiri sendiri atau tidak bergantung kepada orang lain. Kemandirian adalah kesiapan dan kemampuan individu untuk berdiri sendiri yang ditandai dengan mengambil inisiatif, bertanggung jawab, dan motivasi untuk mancapai tujuan.
  • Inovatif berarti memiliki ide-ide atau gagasan baru yang original. Dalam menyelesaikan masalah, nilai inovatif sangat diperlukan agar masalah dapat diselesaikan dengan ide dan tindakan yang original.
Nilai diri saya

Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Setelah mengetahu nilai-nilai Guru Penggerak, saya merasa masih banyak kekurangan dan belum dapat memenuhi semua nilai-nilai tersebut. Di balik itu, saya merasa bersemangat untuk terus meningkatkan diri agar dapat memiliki dan menerapkan nilai-nilai Guru Penggerak. Terutama nilai berpihak pada murid, melakukan segala daya dan upaya untuk kepentingan murid, bagaimana mengembangkan potensi, minat, bakat murid secara optimal sesuai cara belajarnya agar tercapai Profil pelajar Pancasila.

Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang?

Nilai-nilai Guru Penggerak sudah saya miliki, namun masih perlu terus dikembangkan untuk penyempurnaan. Sebelumnya, saya sudah memiliki nilai Mandiri dan Inovatif. Setelah mempelajari modul 1.1 dan 1.2, saya memiliki nilai reflektif dan kolaboratif. Nilai reflektif terlihat dalam merefleksikan diri saya sebagai guru maupun sebagai pembelajar. Nilai kolaboratif terlihat dari cara meyelesaikan masalah, membangun pemahaman, dan mengerjakan tugas secara bersama-sama. Nilai-nilai yang saya miliki terus terasah melalui Pendidikan Guru Penggerak.
 

Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!

Nilai yang masih perlu saya kuatkan adalah Berpihak Pada Murid. Terkadang, saya masih melalukan pembelajaran yang berpusat pada guru. Pembelajaran yang saya lakukan seringkali berupa instruksi-instruksi yang membuat anak kurang nyaman dan kurang menyenangkan karena guru terlalu mendominasi. Melalui pendidikan Guru Penggerak ini, saya akan lebih banyak berlatih untuk Berpihak Pada Murid, memfasilitasi anak belajar sesuai minat, bakat, potensi, dan cara belajarnya untuk mewujudkan merdeka belajar.

Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

Setelah mengetahui peran Guru Penggerak saya merasa bersyukur, senang, dan bangga, karena bisa menjadi bagian dari guru hebat yang akan melakukan transformasi pendidikan. Selain itu, semangat berinovasi saya meningkat, karena terinspirasi dari guru-guru hebat yang visioner dengan perubahan, mengembangkan diri dan mengeksplorasi untuk menggali ide/gagasan cemerlang untuk mewujudkan merdeka belajar. Akan tetapi, saya juga merasakan adanya beban yang harus dipikul, yaitu membenahi pendidikan yang masalahnya sudah banyak. Saya percaya, dengan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak dapat mengatasi masalah tersebut dimulai dari perubahan diri sendiri.

Apa yang bisa saya lakukan ⟮khusus untuk diri saya⟯ untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?

Yang bisa saya lakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak adalah:

  • Mengubah pola pikir, yaitu pola pikir berada di zona nyaman, menuju pola pikir melakukan perubahan, bergerak untuk memajukan pendidikan, mulai dari diri sendiri, kelas, dan sekolah.
  • Menambah wawasan dengan melakukan literasi digital, karena perkembangan zaman sangat cepat, diperlukan kecepatan perubahan pada sektor pendidikan untuk menyelaraskan dengan perubahan zaman.
  • Berlatih secara mandiri, pada kompetensi yang harus dikuasai untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Misalnya penggunaan aplikasi/software pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran inovatif.
  • Mengajak rekan sejawat untuk melalukan perubahan menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa, berbagi praktik baik atau pengetahuan pada penggunaan aplikasi/software pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran inovatif.

menguatkan peran Guru Penggerak

Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?

Yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya adalah turunnya motivasi internal, serta rendahnya apresiasi dan dukungan dari rekan sejawat dan kepala sekolah. Motivasi dari dalam diri bisa menurun jika saya kurang dihargai, mendapat penolakan, dan mengalami kegagalan. Rendahnya aprsiasi dan dukungan dari rekan sejawat dan kepala sekolah juga bisa menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak. Semua hambatan ini akan teratasi dengan doa, dukungan, dan motivasi dari rekan CGP, pengajar praktik, fasilitator, dan keluarga.

Demikian jawaban saya pada bagian Refleksi Terbimbing. Semoga Bermanfaat.

Salam dan Bahagia.

Post a Comment for "Refleksi Terbimbing-Nilai dan Peran Guru Penggerak"