Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurnal Refleksi Minggu Ke-4 Calon Guru Penggerak

 Jurnal Refleksi Minggu Ke-4 Calon Guru Penggerak

Pembelajaran pada minggu keempat masih pada Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak. 

Pembelajaran pada hari senin, 8 Nopember 2021 adalah Ruang Kolaborasi-Diskusi Pengerjaan. Saya bersama rekan-rekan CGP mendiskusikan peran dan nilai Guru Penggerak yang telah dilaksanakan dan strategi penguatannya. Pembelajaran berikutnya pada hari selasa, 9 Nopember adalah Refleksi Terbimbing. Pada pemelajaran ini, CGP diminta membuat refleksi dengan cara menengok ke belakang untuk melihat nilai-nilai dan peran yang sudah dilakukan, apa yang dirasakan saat ini, sekaligus menatap ke depan untuk memproyeksikan apa yang akan dilakukan, apa hambatan yang akan ditemui, dan cara mengatasinya. Pembelajaran dilanjutkan pada Demonstrasi Kontekstual selama dua hari, yaitu rabu dan kamis, 10 dan 11 Nopember 2021. Pada Demonstrasi Kontekstual, saya membuat poster gambaran diri ke depan, yaitu setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak beserta alasan mengapa nilai-nilai tersebut penting untuk saya. Pembelajaran terakhir adalah jumat, 12 Nopember 2021 yaitu Ruang Kolaborasi-Presentasi Hasil Diskusi melalui Google Meet.

Jurnal Refleksi Minggu Ke-4 saya buat dengan menggunakan Model Segitiga Refleksi.

Jurnal Refleksi Minggu Ke-4 Calon Guru Penggerak

Segitiga puncak, warna hijau tua: Setelah pembelajaran minggu ini, saya mampu menyebutkan nilai dan peran Guru Penggerak yang telah dilakukan, merumuskan strategi penguatan nilai dan peran  Guru Penggerak, dan dapat membuat gambaran diri ke depan.

Segitiga kuning: Pembelajaran minggu ini membuat saya semakin antusias, termotivasi, dan tertantang untuk terus mengamalkan nilai dan peran Guru Penggerak. 

Segitiga hijau: Setelah pembelajaran minggu ini, Saya memahami bahwa nilai dan peran Guru Penggerak penting dalam mencapai visi merdeka belajar untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Segitiga tengah, warna putih: Target saya setelah pembelajaran minggu ini adalah menyusun Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Warna segitiga adalah kreasi saya, bukan melambangkan sesuatu. Dala panduan juga tidak dijelaskan mengenai pewarnaan segitiga. 

Berikutnya: Jurnal Refleksi Minggu Ke-5

Semikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-4 yang saya buat. Semoga bermanfaat.

Salam dan Bahagia.

Post a Comment for "Jurnal Refleksi Minggu Ke-4 Calon Guru Penggerak"