Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurnal Refleksi Minggu Ke-3 Calon Guru Penggerak

 

Jurnal Refleksi Minggu Ke-3 Calon Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Minggu Ke-3 ini saya buat dengan menggunakan Model 4F ⟮Facts, Feelings, Findings, Future⟯. 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut ⟮disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal⟯:

Facts ⟮Peristiwa⟯: Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut?

Feelings ⟮Perasaan⟯: Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas ? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut. 

Findings ⟮Pembelajaran⟯: Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini? 

Future ⟮Penerapan⟯: Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini? 

Jurnal Refleksi yang saya susun saya tuangkan dalam empat paragraf berikut.

Jurnal Refleksi Minggu Ke-3

I Made Adi Ismaya-CGP Angkatan 4 Kab. Karangasem, Bali

Pembelajaran pada minggu ke-3 diawali dengan membuat Koneksi Antar Materi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. Koneksi Antar Materi merupakan inti sari materi yang telah dipelajari sebelumnya, diserta refleksi mengenai pemikiran CGP sebelum dan sesudah mempelajari Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan, serta perubahan yang akan segera dilakukan. Pembelajaran terakhir pada modul 1.1 adalah Aksi Nyata. Dalam aksi nyata ini, CGP membuat sebuah rancangan kegiatan pembelajaran yang nantinya dapat diterapkan di sekolah. Rancangan kegiatan ini sesuai dengan hasil belajar yang didapat pada modul 1.1. Setelah berakhirnya pembelajaran pada modul 1.1, dilanjutkan pada pembelajaran modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak. Pembelajaran di modul 1.2 sama dengan pembelajaran pada modul 1.1, menggunakan alur MERRDEKA. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan mengakses Pendahuluan Modul 1.2 dan Bahan Pembelajaran Modul 1.2. Alur pertama adalah Mulai dari Diri. CGP diajak mencermati Trapesium Usia, kemudian praktik membuat Trapesium Usia masing-masing disertai peristiwa yang memberi kesan positif dan negatif pada masa sekolah, kemudian menghitung selisih usia dengan saat ini. CGP juga menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai trapesium usia yang dibuat dalam kaitannya dengan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran berikutnya pada modul 1.2 adalah Eksplorasi Konsep. Bagian pertama Eksplorasi Konsep, CGP menyimak video Identitas Gunung Es, Eskalator dan Cara Kerja Otak, dan membaca bahan bacaan tentang Profil Pelajar Pancasila, Peran Guru Penggerak, serta nilai-nilai Guru Penggerak. CGP juga menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang nilai dan peran Guru Penggerak. Pada sesi diskusi mandiri, CGP berdiskusi secara tertulis mengenai hubungan Profil Pelajar Pancasila dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak, dan cara menghadapi oihak yang kurang mendukung kegiatan Guru Penggerak.

Selama mengikuti pembelajaran, saya sangat antusias dan bersemangat karena topik yang dipelajari sangat bermanfaat dalam kegiatan di kelas dan sekolah. Adanya Aksi Nyata yang dirancang membuat saya tertantang untuk memperbaiki diri dan menerapkan rancangan Aksi Nyata tersebut. Ketika mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak, saya sempat merasa khawatir tidak dapat menyelesaikan tugas. Dengan tekun dan membagi waktu dengan kegiatan lain, saya berusaha mengerjakan semua tugas agar selesai tepat waktu. Saya merasa senang karena dalam sesi diskusi tertulis, saya dapat berdiskusi dengan rekan-rekan CGP yang membuka cakrawala pemikiran saya. 

Kegiatan selama satu minggu ini memberikan banyak pelajaran bagi saya. Saya belajar mengaitkan materi yang telah dibahas pada alur MERRDEKA. Membuat Aksi Nyata memberikan saya pelajaran bagaimana menerapkan pengetahuan dan pemahaman dalam kegiatan di kelas dan sekolah. Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak memberikan saya pelajaran tentang kebiasaan, karakter, dan nilai, Nilai-nilai Guru Penggerak, dan Peran Guru Penggerak. Nilai-nilai Guru Penggerak yang belum disadari, akan berusaha dimunculkan dalam keseharian. Demikian pula Peran Guru Penggerak, akan dicoba untuk dilaksanakan. Pembelajaran melalui LMS memberikan pengalaman belajar secara mandiri, kolaborasi, berpikir kritis, kreatif, dan komunikasi tertulis. Pengalaman belajar ini sangat penting sebagai landasan untuk mempelajari tahapan berikutnya dan membiasakan pola belajar.

Ke depan, saya bisa menggunakan pengalaman belajar yang saya dapatkan pada pembelajaran ini. Pengetahuan dan pemahaman tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak akan bermanfaat ketika mengerjakan tugas berikutnya dan melaksanakan kegiatan di sekolah. Pengalaman belajar melalui LMS sangat bermanfaat dalam pengembangan diri, mempelajari sesuatu yang baru. Dalam pembelajaran berikutnya, saya dapat membagi waktu lebih baik untuk mengerjakan tugas dalam LMS, video converence, maupun tugas mengajar. Dalam melaksanakan kegiatan sebagai Calon Guru Penggerak, saya lebih percaya diri setelah mengetahui Peran Guru Penggerak dan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang Guru Penggerak.

Berikutnya: Jurnal Refleksi Minggu Ke-4 Calon Guru Penggerak

Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-3 yang saya susun, semoga bermanfaat.

Salam dan Bahagia.

Post a Comment for "Jurnal Refleksi Minggu Ke-3 Calon Guru Penggerak"