Demonstrasi Kontekstual-Nilai dan Peran Guru Penggerak
Pada bagian Demonstrasi Kontekstual, CGP diajak untuk membayangkan 9 bulan ke depan, ketika proses Pendidikan Guru Penggerak telah usai. CGP diminta membuat visi dan misi ke depan dalam bentuk karya dua dimensi.
Berikut pertanyaan-pertanyaan yang membantu menyusun karya:
- Guru Penggerak seperti apakah saya ⟮Profil CGP setelah menuntaskan kegiatan selama 9 bulan⟯?
- Nilai-nilai apa yang saya kuasai di masa depan ⟮Ingat Nilai-nilai Guru Penggerak⟯?
- Mengapa nilai-nilai tersebut penting untuk saya?
Jawaban atas pertanyaan di atas adalah sebagai berikut.
Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak, saya akan menjadi Guru Penggerak yang: Berkomitmen: Memiliki dedikasi dan keterikatan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab. Bergerak: Terus merefleksi, mengembangkan diri, berinovasi, dan mengembangkan guru lain untuk mewujudkan pembelajaran berpusat pada murid. Menggerakkan: Bersama-sama guru lain, orang tua, dan praktisi, mewujudkan visi sekolah berpihak pada murid. Mewujudkan Merdeka Belajar: Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid.
Nilai-nilai yang saya kuasai di masa depan adalah: Mandiri: Dapat berdiri sendiri atau tidak bergantung kepada orang lain; Reflektif: Membuka diri, evaluasi, pertimbangan aktif, cermat, menghubungkan, menyimpulkan, dan perbaikan; Kolaboratif: Melakukan kerja sama, komunikasi, dan ketergantungan positif; Inovatif: Memiliki ide-ide atau gagasan baru yang original; Berpihak pada Murid: Melihat potensi, minat, bakat, dan kebutuhan murid, guru sebagai fasiltator.Nilai-nilai tersebut penting karena dengan menerapkan nilai-nilai Guru Penggerak dalam menjalankan kegiatan pembelajaran, maka visi Merdeka Belajar akan tercapai.Berikut karya yang saya kirim melalui LMS.
Semoga Bermanfaat, Salam dan Bahagia.
Post a Comment for "Demonstrasi Kontekstual-Nilai dan Peran Guru Penggerak"