Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

 

Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Pembelajaran Ruang Kolaborasi Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dilaksanakan melalui diskusi virtual melalui Google Meet. Tujuan pembelajaran ini adalah Calon Guru Penggerak dapat mendesain kerangka pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Dasar pemikirna Ki Hadjar Dewantara ada 6, yaitu menuntun, kodrat alam dan kodrat zaman, berpihak ⟮berhamba⟯ pada anak, bukan tabula rasa, budi pekerti, dan petani. 

Tujuan utama pendidikan adalah mewujudkan pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Adapun profil pelajar Pancasila ada 6, yaitu: ⟮1⟯ Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, ⟮2⟯ Berkebinekaan global, ⟮3⟯ Bergtong royong, ⟮4⟯ Kreatif, ⟮5⟯ Bernalar Kritis, dan ⟮6⟯ Mandiri.

Kegiatan diskusi kelompok dilaksanakan dalam BOR ⟮Break Out Room⟯. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang sesuai pembagian pengajar praktik. 

Sesi Diskusi Kelompok

Tugas Ke-1

Setiap kelompok ditugaskan untuk berdiskusi tentang:

  1. Apa hal-hal yang positif yang telah anda pelajari dari pemikiran KHD yang juga anda lihat pada budaya di daerah anda?
  2. Sepakati satu hal positif dari pemikiran KHD yang dapat diterapkan di kelas/sekolah anda.

Hasil diskusi dibuat dalam bentuk poster, yaitu sebagai berikut. 


 

 

Tugas Ke-2

  1. Pilih satu ‘Profil Pelajar Pancasila’ dalam mengembangkan kerangka ‘Merdeka Belajar’
  2. Identifikasi sumber daya dan potensi ⟮minimal 3 potensi⟯ yang dimiliki oleh sekolah dan kelas Anda yang mendukung ‘Merdeka Belajar’

Hasil diskusi dibuat dalam bentuk poster, yaitu sebagai berikut.  

 


Tugas Ke-3

Alur kerangka ‘Merdeka Belajar’ adalah sebagai berikut.

Tujuan Utama: ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’

Profil Pelajar Pancasila:

Kompetensi Pelajar Pancasila:

Indikator Ketercapaian:

Elaborasi hingga pelaksanaan konkret di sekolah dan kelas Anda:

  1. Apa yang akan dilakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
  2. Mengapa memilih Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
  3. Bagaimana mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
  4. Siapakah para pihak yang terlihat dan bagaimana peran mereka?

Hasil diskusi dibuat dalam bentuk poster, yaitu sebagai berikut. 


Presentasi hasil diskusi Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dapat dilihat pada file berikut.

Post a Comment for "Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara"