Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta menuangkan pemahamannya atas pemikiran KHD dalam konteks perannya sebagai guru dan interaksinya dengan siswa dan warga sekolah.
Instruksi penugasan:
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak ⟮CGP⟯
Anda akan membuat sebuah karya ⟮⟯video pendek, komik, lagu, puisi, poster, infografis dll⟯ sebagai bentuk konkret pemahaman Anda terhadap pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Karya Anda menjadi sebuah demonstrasi pemahaman Anda tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara sesuai dengan konteks kelas dan sekolah asal Anda.
Sebagai gambaran, metafora atau perlambang dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit. Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata surya, di mana murid digambarkan sebagai planet yang mengorbiti matahari ⟮simbol nilai kemanusiaan⟯ dalam garisnya masing-masing. Setiap planet berevolusi dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti bergerak ⟮Syahril, 2018). Selain metafora, cara lain untuk mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar kita adalah dengan karya seni. Jadi, mengapa kita tidak menciptakan sesuatu yang menarik mengenai filosofi pendidikan KHD? Membuat lagu, puisi, gambar, poster metafora, atau karya apapun tentu akan menyenangkan.
Dalam tugas ini, saya membuat sebuah komik yang menceritakan tentang kebingungan tokoh pak Made terhadap karakteristik siswanya yang beragam. Berikut secara lengkap karya dalam bentuk komik yang telah saya buat dalam bentuk video.
Berikut ini komik dalam bentuk gambar tiap halaman.
Post a Comment for "Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya"