Modus Data Tunggal dan Data Berkelompok
Setelah mempelajari mean dan median untuk data tunggal dan data berkelompok, maka ukuran pemusatan data yang terakhir adalah modus.
Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita mendengar kalimat: "Penyebab kematian di Indonesia didominasi oleh penyakit hipertensi", atau "Pada umumnya penyebab kecelakaan lalu lintas adalah karena kelalaian pengemudi". Kedua kalimat tersebut adalah modus penyebab kematian dan modus penyebab kecelakaanlalu lintas.
Modus ((mo)) adalah nilai yang paling sering muncul pada sekumpulan data. Modus juga dapat diartikan sebagai data yang memiliki frekuensi terbanyak.
a. Modus Data Tunggal
Untuk menentukan modus data tunggal, dapat dilakukan dengan cara melihat data mana yang paling sering muncul atau data yang frekuensinya terbanyak.
Contoh 1:
Hasil pengukuran ketebalan kampas rem oleh mekanik bengkel [satuan mm]: 5, 4, 7, 9, 8, 11, 9, 12, 5, 4, 9, 6, 8, 9. Berapakah modus data tersebut?
Hasil pengukuran panjang baut oleh siswa TKRO [satuan cm]: 5,7,6,8,6,9,5,7,10,5,11,7. Berapakah modus data tersebut?
Contoh 3:
Siswa TKJ sedang mengukur kecepatan akses internet pada beberapa provider dengan lokasi yang berbeda-beda. Hasil pengukuran ada pada tabel berikut.
Kecepatan [mbps] | Frekuensi |
---|---|
1 | 2 |
2 | 6 |
3 | 5 |
4 | 8 |
5 | 4 |
6 | 3 |
7 | 5 |
Berdasarkan tebel di atas, berapakah modus kecepatan internet yang diukur siswa TKJ?
Jawab:
Berdasarkan tabel, nilai yang frekuensinya terbanyak adalah 4, dengan frekuensi sebanyak 8. Jadi, modus kecepatan internet yang diukur oleh siswa TKJ adalah 4 mbps.
Data yang memiliki satu modus disebut unimodal. Ada pula data yang memiliki dua modus, disebut bimodal, sedangkan yang memiliki lebih dari dua modus disebut multimodal. Tetapi, jika data memiliki frekuensi yang sama semuanya, maka tidak memiliki modus.
b. Modus Data Berkelompok
Sama halnya dengan mean dan median data erkelompk, untuk menghitung modus data berkelompok diperlukan alat bantu rumus. Rumus yang dipakai adalah:
\[mo=Tb+\frac{d_{1}}{d_{1}+d_{2}}.p\]
Keterangan:
$mo$: modus
$Tb$: tepi bawah kelas = batas bawah-0,5
$d_{1}$: frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi sebelumnya
$d_{2}$: frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi sesudahnya
$p$: panjang interval kelas
Contoh 4.
Diketahui tabel nilai hasil ulangan siswa.
Nilai | Frekuensi |
---|---|
40-49 | 1 |
50-59 | 4 |
60-69 | 8 |
70-79 | 14 |
80-89 | 10 |
90-99 | 3 |
Hitunglah modus data nilai siswa dalam tabel di atas!
Jawab:
Untuk memperjelas pemahaman pada Contoh 4, coba simak video berikut.
Latihan 3.
1. Siswa kelas X TKJ mengukur tegangan baterai laptop. Berikut ini hasil pengukurannya:
Berapakah modus hasil pengukuran tegangan baterai tersebut?
3. Hasil ulangan siswa pada mata pelajaran Boga Dasar adalah sebagai berikut.
Nilai | Frekuensi |
---|---|
32-40 | 3 |
41-49 | 4 |
50-58 | 6 |
59-67 | 11 |
68-76 | 7 |
77-85 | 6 |
86-94 | 3 |
Hitunglah modus data di atas!
Demikian materi modus data tunggal dan data berkelompok. Selamat Belajar!
Kerjakan kuis di
ReplyDeletehttps://forms.gle/Ydy3KqTJzTcSevKP7
atau
https://bit.ly/kuismodus
Modus
Delete