Mean Data Tunggal dan Data Berkelompok
Mean Data Tunggal
Cara menghitung mean data tunggal adalah dengan cara menjumlahkan semua nilai data, kemudian dibagi dengan banyaknya data yang ada. Cara menghitung mean data tunggal dapat dituliskan dengan rumus:
\[\overline{x}=\frac{x_{1}+x_{2}+...+x_{n}}{n}\]
Agar lebih mudah memahami cara menghitung mean data tunggal, perhatikan contoh berikut.
Contoh 1.
Hasil ulangan siswa adalah 50, 90, 73, 60, 57, 65, 55, 84, 66, 80. Berapakah rata-rata nilai ulangan siswa tersebut?
Jawab:
Jumlahkan nilai-nilai siswa tersebut, kemudian bagi dengan banyaknya siswa. Banyknya siswa adalah 10 orang.
\[\overline{x}=\frac{50+90+73+60+57+65+55+84+66+80}{10}\]
\[\overline{x}=\frac{680}{10}=68\]
Jadi, rata-rata data nilai ulangan siswa adalah 68.
Contoh 2.
Jawab:
Untuk menghitung mean data di atas, jumlahkan hasil kali panjang baut dengan banyak baut, kemudian hasilnya dibagi banyaknya baut.
\[\overline{x}=\frac{3,5. 4+3,6. 5+3,7. 3+3,8. 2+3,9. 1}{4+5+3+2+1}\]
\[\overline{x}=\frac{14+18+11,1+7,6+3,9}{15}\]
\[\overline{x}=\frac{54,6}{15}=3,64\]Jadi, mean hasil pengukuran panjang baut adalah 3,64 cm.
Contoh 3.
Rata-rata tinggi badan Ani, Bayu, Cici, Devi, dan Erna adalah 164 cm. Jika tinggi badan Fergusso diikutkan dalam penghitungan rata-rata, maka rata-ratanya menjadi 165 cm. Berapakah tinggi badan Fergusso?
Jawab:
Ada 5 orang dengan rata-rata tinggi badan 164 cm.
Jika ada 6 orang [termasuk Fergusso] maka rata-rata tinggi badannya menjadi 165 cm.
Jumlah tinggi badan 5 orang adalah $5\times 164 = 820$
Jumlah tinggi badan 6 orang adalah $6\times 165 = 990$
Selisih jumlah tinggi badan adalah $990-820 = 170$
Jadi, tinggi badan Fergusso adalah 170 cm.
Mean Data Berkelompok
Ada beberapa cara menghitung mean data berkelompok, yaitu metode titik tengah, metode rataan sementara, dan metode coding. Kita akan coba gunakan metode coding. metode yang lain silahkan dipelajari secara mandiri.
Mean data berkelompok dengan metode coding dapat dihitung dengan rumus berikut.
\[\overline{x}=RS+\frac{\sum_{i=1}^{n}(f_{i}.c_{i})}{\sum_{i=1}^{n}f_{i}}.p\]
Keterangan:
$\overline{x}$: mean
$RS$: Rata-rata Sementara
$f_{i}$: frekuensi kelas ke-i
$c_{i}$: kode, dengan $k$ = ...-3,-2,-1,0,1,2,3,...
$p$: panjang interval kelas
Kode 0 ditulis pada baris rata-rata sementara, di atas 0 ditulis kode -1,-2,-3..., di bawah 0 ditulis kode 1,2,3,....
Agar lebih mudah memahami cara menghitung mean data berkelompok, perhatikan Contoh berikut.
Contoh 4.
Hitunglah mean nilai siswa berikut.
Nilai | Jumlah |
---|---|
50-54 | 3 |
55-59 | 7 |
60-64 | 12 |
65-69 | 14 |
70-74 | 10 |
75-79 | 4 |
Jumlah | 50 |
Jawab:
Rata-rata sementara diambil dari titik tengah kelas yang frekuensinya tertinggi, yaitu 65-69, titik tengahnya 67. Sehingga $RS = 67$. Panjang kelas $p = 5$.
Nilai | Jumlah [f] | Kode [c] | c.f |
---|---|---|---|
50-54 | 3 | -3 | -9 |
55-59 | 7 | -2 | -14 |
60-64 | 12 | -1 | -12 |
65-69 | 14 | 0 | 0 |
70-74 | 10 | 1 | 10 |
75-79 | 4 | 2 | 8 |
Jumlah | 50 | -17 |
\[\overline{x}=RS+\frac{\sum_{i=1}^{n}(f_{i}.c_{i})}{\sum_{i=1}^{n}f_{i}}.p\]
\[\overline{x}=67+\frac{-17}{50}.5\]
\[\overline{x}=67+(-1,7)\]
\[\overline{x}=65,3\]
Jadi, mean nilai siswa di atas adalah 65,3.
Untuk memperjelas pemahaman pada Contoh 4, perhatikan video berikut.
Latihan 1.
Cobalah soal-soal berikut, diskusikan hal-hal yang belum dipahami.
1. Hasil pengukuran tinggi badan siswa adalah 163, 165, 161, 170, 164, 155. Berapakah rata-rata tinggi badan siswa?
2. Siswa TBSM mengukur tegangan aki dengan voltmeter digital, hasil yang diperoleh adalah:Nilai | Frekuensi [f] |
---|---|
50-54 | 2 |
55-59 | 5 |
60-64 | 8 |
65-69 | 10 |
70-74 | 12 |
75-79 | 3 |
Jumlah | 40 |
Demikian materi mean data tunggal dan data berkelompok. Silahkan diskusikan bagian yang kurang jelas, hubungi guru atau teman sekelas.
Pengumpulan tugas bisa melalui https://forms.gle/68c4sMDRbHuB6sfS8
ReplyDeleteatau http://bit.ly/meanrespons
s.sore pak dmn nie absen linknya pak?
DeleteCopy https://forms.gle/68c4sMDRbHuB6sfS8 kemudian paste di browser anda. Selamat belajar.
Delete